Thursday, April 13, 2017

Tutorial membuat manipulasi dalam cangkir dengan menggunakan Photoshop CS6

  1. Siapkan semua bahan yang ingin di edit.
  2. Buka photoshop klik menu File lalu Open dan cari foto yang akan di edit.
  3. Ketika foto sudah dibuka lalu, klik File lalu New. Atur ukuran sesuai keinginan sobat. Biarkan background nya berwarna putih.
  4. Buka foto gelas , lalu seleksi bagian gelasnya menggunakan Selection tool atau juga bisa menggunakan Pen tool. Jika sobat belum tahu caranya untuk menyeleksi objek bisa baca terlebih dahulu di Cara Menyeleksi Objek dengan menggunakan Photoshop . Lalu klik kanan pada hasil seleksinya dan pilih Save Selection dan berinama terserah. Klik OK.
  5. Lalu pindah hasil seleksi tadi menggunakan Move Tool, dan arahkan ke Menu bar background putih tadi.
    Dan atur letaknya.
  6. Untuk memberikan efek rumput dalam gelas. Sobat harus menyeleksi dulu bagian dalam gelas supaya nanti terlihat ada di dalam.
    Seleksi menggunakan Selection tool atau Pen tool. Lalu klik kanan pada hasil seleksinya dan pilih Save selection.
    Dan berinama.
    Setelah itu tekan tombol Delete. Maka akan terlihat seperti dibawah ini.
  7. Untuk mengisi hiasan yang ada didalamnya gelas.Disini saya membuat hiasan rumput. Buka gambar rumput dan pindah ke Menu bar seperti tadi. Lalu kecilkan jika kebesaran (sesuaikan dengan ukuran gelasnya). Lalu pindah gambar ke tengah bagian dalam gelas.
    Lalu buka menu layer dan pindah layer gambar rumput ke bawah. Jadi layer gambar rumput berada dibawah layer gelas. Setelah itu akan otomatis berada didalamnya gelas. Dan yang berada dibagian luar hapus dengan menggunakan Eraser Tool.
    Setelah dibersihkan dengan rapi akan terlihat seperti dibawah ini.
  8. Dan disini juga saya memberikan pemandangan Menara Eifel. Buka gambar menara eifel nya lalu seleksi bagian objeknya. Lakukan seperti yang diatas. Lalu pindah ke samping gelas. Jika ada sampah pada gambar tersebut. Sobat bisa membersihkannya dengan Eraser Tool (Lakukan seperti yang diatas). Setelah dibersihkan lalu pindah dengan menggunakan Move Tool. Letakkan tepat diatas gelas dan posisikan dengan benar. Dan seperti ini.
  9. Dan disini juga saya memberikan pohon sebagai tempat berteduh. Buka gambar pohon nya lalu seleksi bagian objeknya (Lakukan seperti yang diatas). Lalu bersihkan, letakkan di sebelah kanan menara dan kecilkan supaya terlihat menarik.
  10. Dan disini juga saya memberikan Orang sebagai objek. Buka gambar objeknya lalu seleksi bagian objeknya (lakukan seperti yang diatas). Lalu bersihkan, pindah ke bawah pohon dan kecilkan ukurannya. Dan terlihat seperti duduk diatas gelas tersebut.

No comments:

Post a Comment